1st Motivation

“Si Kerja yang Sulit banget ditemuin”

(Hahaa dosbing skripsi kali ah susah ditemuin,,wkwkkk, candaa atuh)

Iya ini pengalaman banget say, my own experienced as a fresh graduate yang udah ga fresh2 banget dan mulai mendekati masa kadaluarsa (jailah lebay lu..huhu). Aku sendiri lulus Bulan September tahun 2016 di salah satu universitas negeri di Kota Satria a.k.a Kota Purwokerto, Jawa Tengah (dibikin dramatis kyk narrator FTV).

Hayo ada yang tahu univ apa namanya? Iyaaiya anak keren yg memiliki local wisdom pasti tahu dan langsung jawab UNSOED.. hahaa that’s right Universitas Jenderal Soedirman. Salah satu kampus yang menurut uwe paling jauh dari suasana sesak ibu kota dan kemacetan berabad-abad… 😀

Ku sendiri lulusan Teknologi Pertanian, Prodi Teknik Pertanian Fakultas Pertanian UNSOED angkatan tahun 2012…haha lengkap banget kyk mo di interview kerjaa, wkwkkw..tapi yaitulah kenyataanya biarpun masih jadi jobless dan jobseeker, sebagai Mantan Generasi Soedirman harus bangga sama almamater sendiri…seperti jargon nya Pak Dirman itu “ Maju Terus Pantang Menyerah”. Tapi kenyataan terkadang kita sendiri ngebelok dengan jargon “Maju belum tapi udah Nyerah” eeetdah, hidup keras banget emang gan! Harusnya ga perlu gitu sih…kalo mau maju ya coba maju aja dulu, hasilnya ga perlu kita pikirin dulu. Yang jelas padatkan prosesnya aja, gausah kebanyakan mikir. Ada yang bilang kalo kita kebanyakan berpikir dan terlalu menginkan kesempurnaan, maka yang ada kita kehilangan banyak dan malah menimbulkan banyak kegelisahan. Tuh guys…(padahal gue juga masi suka kebanyakan mikir, apalagi kalo bukan mikirin kamu…gada habis2nya! Hahahaa maap2 kebawa mood nih writer).

Tadi ‘bout my last education background, nah sekarang kita jumping aja ke bab isi dari cerita pengalaman gue yang mondar mandir dr CIBINONG-JKT untuk nyari kerjaan sambil mengadu nasib dan peruntungan. Tak kira bermodalkan IPK oke lbh dr 3.00, track record organisasi yang mumpuni plus lulusan univ negeri ditambah beberapa skill sudah cukup ngejamin buat dapet job quickly, but but but and but ga cukup dan semudah yang kita pikirkan kwankwan. Semuanya itu sulid pake banged, awal bulan sehabis euforia wisuda everything’s still okay tapi jalan 2 bulan sedikit worry tp masih fine, 3 bulan setelahnya mulai gejala ketar ketir ditanya sana sini sodara n tatangga then trnyata 4…5…eh udah mo masuk 6 bulan aja nih sudah makin greged dan hopeless ingin kerja dan masih blum ada yg goal to the final, alhasil im still jobless..fiuuuh -____________________- kerasss banget deh hidup ini…

Pastinya berusaha udah kerazz, berdoa dan ibadah juga ga prnah putus, berharap dan nunggu udah kyk makan nasi, mantengin email, browsing lowker n jobstreet udah kyk sarapan tiap pagi, ikutan jobfair tiap bulan udah kyk hobi, wkwkwk …ahh pkoknya all in every single little thing udah selalu aku lakuin. Tapi tetep jgn lupa bersyukur karena Alhamdulillah panggilan masuk ajaa terus tiap bulan, entah dari BUMN, swasta atau multinasional sampe perbankan. But semuanya cman stuck in middle aja, alias smua balik lagi mentah terus gada yg berlanjut sampe tahap offering letter ituh…hehhm T___T

Biasanya dapet panggilan via email ataupun di sms, cek lokasi tes, cus langsung brngkat ke tempat sesuai jdwal, jalanin proses psikotes yang jenisnya kyk trend fashion 2017 hahaa bnyak banget, mulai dr sebutannya tes TPA lah, online assesment lah, profiling lah, initial selection lah, dan strusnyaa…smua sudah kulewati satu per satu ampe tinggal nunggu pengumaman buat interview ajaa, eihhh tp gada2 terus sampe bulukan akhirnya berakhir lage buntu, begitu aja terus udah kyk siklus cuaca.

Aneh yaa, ya mungkin aku dan waktu harus terus PDKT biar bisa tetap seterong n sabar, tenang dan ga putus asa walopun ujian hidup makin menjadi-jadi. Kadang klo udah stress tingkat dewa-nya kambuh cman bisa diem natap langit biru dan natap haru timeline history IG temen2 yg dah siboek sama kerjaan barunya, blah..blah..blah, and me cman bisa menatap kosong layar HP di rumah. Tp aku mikir dan terus nyemangatin hati, pikiran dan perasaan lagi. buat apa terus-menerus envy, rejeki udah ada yg atur porsinya, ga bakal ke switch juga, jadi tetap percaya diri, berusaha dan praying itu tuh yang bakal merubah keadaan bukan cuman meratapi diri aja…

Kalian smua yang mungkin keadaanya sama kyk aku juga tetep stay postive ajaa yaa, walopun maluuu sana sini karna nganggur, walopun innalillahi sulitnya tp tetep yaa ,mesti disyukuri. Knapa harus disyukuri? karena sebenarnya Allah mungkin lagi kasih kita kesempatan lebih lama untuk mempersiapkan diri dari orang lain sebelum masuk dunia kerja sesungguhnya. Jadi saat ini berapa lama pun kalian sudah mnjadi jobless buat positif dan maksimalkan kegiatan kalian drmah dengan hal2 yang bermangpaat, untuk mengupdate diri sendiri supaya bisa be different dengan rival pelamar lainnya yg unlimited trus jumlahnya, hahaa. Contohnya blajar bahasa asing, walopun gak les karna minim modal, kita bisa kok dengerin musik ataupun conversation dr BBC learning, pun blajar nulis2 blog buat ngelatih kepekaan dan ketelitian kita. Selain itu kita jg bs coba2 blajar design gambar pake corel ato adobe photoshop biar technical skill di CV tambah keche deh.

Selama beberapa bulan ini aku jg mikir keras banget knpa ya seluruh usaha dan tenaga ditambah ribuan kuota serta kopian CV yang sudah kita tebar selama ini belum jg membuahkan hasil. Terus aja begitu mikirnya, tapi ada satu hal yang selalu aku percaya bahwa Allah memberikan apa yang kita butuhkan bukan hanya yang kita inginkan aja. Jadi meskipun puluhan pintu rezeki belum ada yg terbuka untuk kita percayalah masi ada ratusan jendela yang bisa kita buka. Jadi rezeki itu ya emang ga terduga bakal dateng dari mana, semuanya udah ada yang menetapkan, yang jelas berusahalah untuk tegar dan kuat.  to do list kan impian dan target kita selama ini supaya hidup lebih terarah dan cerah. Ingat juga bahwa kita bukan cman sekedar cari job tapi juga a bright career yang menjanjikan masa depan, entah itu karena passion or salary-nya terserah kalian yang jelas bekerjalah selalu dengan hati dan intuisi kalian supaya tetep comfort di tempat kerja nantinya.

Hahaa mungkin itu kali yaa sharing and caring dari aku yang masih tak berstatus ini tentang berburu kerja di hutan pengangguran Indonesia, makin rimbun loh dari hari ke hari akibat jamur jobless nyebar mulu tiap saat, wkwkkwk ya Biarkanlah~~ kyk lagu Raisa, yang penting kita selalu ga nyerah buat usaha sekeras apapun demi segenggam impian dan sebongkah berlian…hahahaaa…

Keep calm, be patient dan la tahzan ya kwan dalam pencarian kita ini, Insya Allah jika waktu dan kesempatan sudah bertemu, maka rezeki itupun akan datang menghampiri si pemiliknya…kata Bang Tere juga “Menunggu itu seperti sabar, dan Berharap adalah doanya…” jadi selalu kuatkan 2 poin penting itu kwankwan…amiiin smoga pencarian ini segera berakhir manis dan indah…

See u on top ya my jobless friend, show to the world lah kita bisa jadi lebih dari ekspektasi orang biasa…CHEER UP EVERYBODY!

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s